2,205 views
Wasir Stadium 1: Ciri, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum mengalami peradangan atau pembengkakan. Kondisi ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan, rasa sakit, atau bahkan pendarahan. Wasir dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa stadium, yang diawali dengan stadium 1. Pada tahap ini, wasir biasanya masih kecil dan tidak menimbulkan gejala yang parah. Yuk simak lebih lengkap mengenai penyebab, gejala, dan pengobatan untuk wasir stadium 1.

Ciri-Ciri Wasir Stadium 1

Wasir stadium 1 adalah tahap awal wasir di mana pembengkakan pembuluh darah masih kecil dan belum keluar dari anus. Gejala umum penyakit ini termasuk rasa gatal, nyeri ringan, dan sedikit perdarahan saat buang air besar. Meskipun gejala-gejalanya mungkin tidak terlalu mengganggu, penting untuk segera mengobati penyakit ini untuk mencegah kemungkinan perkembangan lebih lanjut menjadi tahap yang lebih parah.

Penyebab Wasir Stadium 1

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh tekanan berlebih pada pembuluh darah di sekitar anus dan rektum. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan tekanan tersebut antara lain:

  1. Konstipasi atau sembelit: Seringnya mengejan saat buang air besar dapat meningkatkan tekanan pada area tersebut.
  2. Diare: Tinja yang encer dan sering dapat menyebabkan iritasi pada area anus.
  3. Kehamilan: Perubahan hormonal dan tekanan janin pada perut dapat meningkatkan risiko wasir pada ibu hamil.
  4. Kebiasaan duduk yang lama: Terlalu lama duduk, terutama di toilet, dapat meningkatkan tekanan pada area anus.
  5. Faktor genetik: Beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap wasir karena faktor genetik.
Baca Juga:  6 Efek Samping Operasi Fistula Ani yang Perlu Diwaspada

Gejala Wasir Stadium 1

Penyakit ini umumnya tidak menimbulkan gejala yang parah. Beberapa gejala umum yang mungkin dialami pada tahap ini meliputi:

  1. Gatal atau iritasi di sekitar anus.
  2. Adanya benjolan kecil yang dapat dirasakan di sekitar anus.
  3. Sedikit perdarahan setelah buang air besar, biasanya berupa darah segar pada kertas toilet.

Cara mengobati Wasir Stadium 1

Meskipun penyakit ini jarang menimbulkan gejala yang serius, perlu dilakukan pengobatan untuk mencegah perkembangan kondisi menjadi lebih parah. Beberapa langkah pengobatan yang dapat dilakukan antara lain:

1. Perubahan gaya hidup

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, untuk mencegah sembelit.
  • Meningkatkan asupan cairan untuk menjaga tinja tetap lembut.
  • Menghindari mengejan saat buang air besar dan memberikan waktu yang cukup untuk proses tersebut.
  • Menghindari duduk terlalu lama, terutama di toilet.

2. Penggunaan obat-obatan

  • Salep atau krim yang mengandung bahan pelembap atau anestesi lokal untuk mengurangi rasa gatal atau iritasi di sekitar anus.
  • Penggunaan supositoria yang mengandung zat pembengkak untuk membantu mengurangi peradangan dan mengempiskan wasir.

3. Sitz Bath

  • Menggunakan bak mandi khusus yang diisi dengan air hangat dan duduk di atasnya selama beberapa menit setelah buang air besar. Hal ini dapat membantu meredakan gejala wasir stadium 1.

4. Obat pereda nyeri

  • Dalam beberapa kasus, penggunaan obat pereda nyeri over-the-counter seperti ibuprofen atau paracetamol dapat membantu mengurangi rasa sakit yang mungkin timbul akibat wasir stadium 1. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan ini.

5. Menghindari penggunaan tisu toilet kasar

  • Menggunakan tisu toilet yang lembut atau bahkan menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan area anus setelah buang air besar dapat membantu menghindari iritasi tambahan.
Baca Juga:  Wasir Prolaps, Keluar Melewati Lubang Anus

Jika gejala wasir stadium 1 tidak membaik dengan pengobatan di atas atau jika gejalanya semakin parah, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan evaluasi lebih lanjut dan mungkin meresepkan obat atau prosedur medis lainnya jika diperlukan.

Kunjungi dokter spesialis wasir di Klinik ST Wasir Center Jakarta yang menawarkan berbagai opsi pengobatan yang komprehensif untuk wasir stadium 1. Selain obat-obatan dan prosedur non-bedah seperti ligasi karet, ultrasonic, dan radiofrekuensi, ST Wasir Center juga dapat memberikan rekomendasi terkait perubahan gaya hidup dan diet yang sehat guna mengurangi risiko terjadinya wasir berulang.

Selain menerima konsultasi langsung di klinik, ST Wasir Center juga menyediakan konsultasi online agar memudahkan pasien dari luar kota. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar wasir dan fisura ani, kamu dapat menghubungi call center di nomor 0878-8756-6315 atau mengunjungi media sosial mereka seperti Instagram @stwasircenter, Facebook ST Wasir Center, atau Youtube STWC.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *